10 December 2009

perkenalan linux


Samba adalah program yang memungkinkan sejumlah komputer dengan berbagai sistem operasi untuk bisa saling bertukar file maupun menggunakan printer yang sama. Dengan Samba, untuk menghubungkan beberapa komputer windows ke dalam suatu domain tidak diperlukan lagi Windows NT Server. Bahkan yang lebih baik lagi adalah,Samba memungkinkan terbentuknya sebuah jaringan client-server dengan berbagai sistem operasi di dalamnya, tidak seperti Windows NT yang hanya dapat melayani komputer dengan sistem operasi windows dan NFS yang hanya dapat melayani komputer dengan sistem operasi UNIX atau Linux (NFS itu adalah program untuk file server juga seperti Samba).
Kini, Samba terus berkembang karena merupakan salah satu produk open source. Dari Linux yang merupakan free software maupun Solaris yang komersial (walaupun akhirnya dijadikan freeware), semuanya memasukkan Samba di dalam paket distribusi programnya. Bahkan ada produsen hardware tertentu yang membuat produk file server yang menggunakan Samba di dalamnya.
Tujuan tutorial ini adalah mengenalkan penggunaan Samba untuk penggunaan file dan printer bersama bagi komputer-komputer Windows. 

B. Instalasi

Pertama-tama sourcenya musti didownload dan diletakkan di direktori /usr/local/src. Situs utama untuk mendownload rilis stabil terbaru adalah http://www.samba.org.
Apabila yang didownload adalah file installer bentuk binary (rpm) maka cara menginstallnya sangat mudah. Misalnya, file yang didownload adalah samba-3.0.21a-1.i386.rpm . Setelah filenya diletakkan, masuklah ke /usr/local/src .

http://linux.indonesia-e.info/test.cgi?id=15 

No comments: